Berita

Breaking News

Tradisi Pedang Pora Lepas Kombes Pol Sabana Atmojo sebagai Kapolresta Banjarmasin


Banjarmasin - Suasana haru menyelimuti Halaman Mapolresta Banjarmasin pada hari Rabu (03/07/2024) saat tradisi pedang pora mengantarkan pelepasan Kombes Pol Sabana Atmojo S.I.K., Μ.Η. beserta Ibu Ny. Lina Sabana. Acara ini dihadiri oleh Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Cuncun Kurniadi, S.I.K., M.H. beserta Ibu Ketua Cabang Bhayangkari Kota Banjarmasin Ny. Yanti Cuncun, Wakapolresta Banjarmasin, pejabat utama, Kapolsek jajaran, dan seluruh personel Polresta Banjarmasin.


Prosesi pelepasan diawali dengan tradisi pedang pora yang merupakan simbol penghormatan dan pelepasan bagi Kombes Pol Sabana Atmojo S.I.K., Μ.Η. yang telah menyelesaikan pengabdiannya di Polresta Banjarmasin. Kombes Pol Cuncun Kurniadi, S.I.K., M.H. dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kombes Pol Sabana Atmojo S.I.K., Μ.Η. atas dedikasi dan pengabdiannya selama bertugas di Polresta Banjarmasin.


"Beliau telah banyak memberikan kontribusi dan sumbangsihnya untuk kemajuan Polresta Banjarmasin. Kami doakan semoga beliau selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan di masa depan," ujar Kombes Pol Cuncun Kurniadi, S.I.K., M.H.


Suasana haru semakin terasa saat Kombes Pol Sabana Atmojo S.I.K., Μ.Η. memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantunya selama bertugas di Polresta Banjarmasin. Beliau juga berpesan kepada seluruh personel Polresta Banjarmasin untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.


Acara pelepasan diakhiri dengan pemberian cindera mata dan foto bersama. Kombes Pol Sabana Atmojo S.I.K., Μ.Η. beserta Ibu Ny. Lina Sabana kemudian meninggalkan Halaman Mapolresta Banjarmasin dengan diiringi tepuk tangan meriah dari seluruh personel.




Tentang Kombes Pol Sabana Atmojo S.I.K., Μ.Η.

Kombes Pol Sabana Atmojo S.I.K., Μ.Η. merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1990. Beliau pernah menduduki berbagai jabatan penting di jajaran Polri, diantaranya Kapolres Banjarbaru, Kapolres Kotabaru, dan Dirbinmas Polda Kalsel. Beliau dikenal sebagai sosok pemimpin yang tegas, disiplin, dan humanis.


Tentang Tradisi Pedang Pora

Tradisi pedang pora merupakan tradisi yang biasa dilakukan di lingkungan Polri sebagai simbol penghormatan dan pelepasan bagi personel Polri yang telah menyelesaikan pengabdiannya. Tradisi ini diawali dengan prosesi pedang pora yang dilakukan oleh para perwira Polri. Kemudian, personel Polri yang dilepas berjalan di atas pedang pora tersebut. Tradisi ini merupakan bentuk penghormatan atas dedikasi dan pengabdian personel Polri yang telah menyelesaikan tugasnya.(ufx)

© Copyright 2022 - Kalsel Today