Berita

Breaking News

Dukung Program Ketahanan Pangan Melalui Ubinan Padi Oleh Babinsa Barabai



Barabai - Kopka Syamsuhadi, Babinsa Bakapas Koramil 1002-06/Barabai, melaksanakan kegiatan ubinan di lahan sawah milik Muhammad Noor seluas 0,5 hektar. 


Kegiatan ini dilakukan untuk memprediksi jumlah produksi padi dan memberikan masukan kepada petani dalam penanaman padi berikutnya. Minggu (14/07).


Ubinan merupakan salah satu metode untuk memperoleh informasi mengenai produktivitas padi. Metode ini dilakukan dengan cara mengambil sampel padi di beberapa titik di sawah, kemudian diukur dan ditimbang. 


Hasil ubinan kemudian dikalikan dengan luas sawah untuk mendapatkan perkiraan total produksi padi.


Koptu Syamsuhadi mengatakan bahwa kegiatan ubinan ini penting untuk membantu petani dalam meningkatkan hasil panen mereka. Dengan mengetahui perkiraan total produksi padi, petani dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan produktivitas padi mereka.


Danramil 1002-06/Barabai, Kapten Inf Subhan, menyatakan bahwa pendampingan oleh Babinsa tidak hanya berhenti pada proses penanaman, tetapi berlangsung terus menerus hingga panen.


“Kegiatan seperti ini mencerminkan semangat gotong-royong dan kerja sama antara TNI dan masyarakat dalam mendukung program-program ketahanan pangan.


Babinsa di Desa Binaan tetap berkomitmen untuk mendukung inisiatif ini demi kesejahteraan dan ketahanan pangan masyarakat.” pungkasnya.

© Copyright 2022 - Kalsel Today