Banjarbaru - Di tengah semangat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-78, Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, atau yang akrab disapa Paman Birin, hadir di lapangan Satbrimobda Polda Kalimantan Selatan pada Senin pagi, 1 Juli. Upacara peringatan yang khidmat itu dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, dan dihadiri oleh para tokoh penting seperti Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Forkopimda Kalsel, serta para Bupati dan Walikota setempat.


Dalam sambutannya, Paman Birin menyampaikan ucapan selamat yang tulus dan harapan besar agar momentum HUT Bhayangkara ini menjadi semangat baru bagi keluarga besar Polri untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. "Apresiasi setinggi-tingginya saya berikan atas dedikasi dan pengabdian jajaran kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama di Banua, Bumi Lambung Mangkurat. Upaya yang telah dilakukan Polda Kalsel beserta jajaran telah memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Banua," ujarnya penuh kebanggaan.


Gubernur juga menegaskan komitmen Pemprov Kalsel untuk terus mendukung Polri dalam menjalankan tugasnya, serta mendorong masyarakat Banua agar aktif berpartisipasi dalam mendukung tugas kepolisian. "Mari kita bangun kesadaran bersama, bahwa keamanan dan ketertiban adalah tanggung jawab bersama. Dengan menjadi masyarakat yang taat hukum, kita sudah memberikan kontribusi besar dalam membantu tugas Polri," ajaknya.


Di sisi lain, Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto mengungkapkan kebanggaannya terhadap institusi Polri yang telah menunjukkan pengabdian luar biasa bagi masyarakat. Ia menekankan kepada seluruh jajarannya tentang pentingnya menjaga profesionalitas, kejujuran, dan integritas dalam menjalankan tugas.


"Saya peringatkan kepada seluruh anggota Polri khususnya lingkup Polda Kalsel, bahwa setiap pekerjaan dan jabatan yang diemban merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab. Junjung tinggi etika kepolisian yang merupakan kristalisasi dari nilai-nilai Pancasila, Tribrata, dan Catur Prasetya," tegasnya.


Pada peringatan tersebut, penghargaan juga diberikan secara simbolis oleh Paman Birin kepada personil kepolisian yang berprestasi, berdedikasi, dan menunjukkan kinerja luar biasa dalam melaksanakan tugas mereka. (Adpim)