Banjarman - Warga binaan di Lapas Kelas IIA Banjarmasin pada Jumat (21/6/2024) dinihari di buat geger.


Pasalnya salah seorang warga binaan atau narapidana di lapas yang juga dikenal dengan Lapas Teluk Dalam Banjarmasin berinisial AOR ditemukan tewas.


AOR yang sedang menjalani hukuman pidana karena kasus narkoba ini ditemukan tewas dalam kondisi tergantung dengan seutas tali dan diduga melakukan aksi bunuh diri pada dini har.


Berdasarkan informasi dihimpun, AOR melakukan aksi nekatnya sekitar pukul 02.45 Wita dan awalnya ditemukan oleh petugas yang menjaga Blok Delta.


Petugas tersebut pun mengecek langsung ke kamar 09 dan melihat korban sudah dalam keadaan lemas.


Petugas ini pun kemudian melaporkan kejadian tersebut, dan selanjutnya menghubungi Polsek Banjarmasin Barat.


Sekitar pukul 06.00 Wita, Tim Forensik dari Polsek Banjarmasin Barat pun tiba di Lapas Banjarmasin dan Langsung mengecek di lokasi kejadian guna mengkonfirmasi penyebab kematian.


Kemudian diketahui bahwa warga binaan tersebut dipastikan meninggal karena tindakan bunuh diri dengan cara gantung diri menggunakan tali.


Jenazah pun sempat dibawa Ke Klinik Lapas Banjarmasin dan Tim Klinik Lapas Banjarmasin menghubungi keluarga korban untuk melakukan konfirmasi dari kejadian ini.


Selanjutnya jenazah korban pun dibawa menuju RSUD Ulin Banjarmasin untuk dilakukan penanganan selanjutnya dan kemudian diserahkan ke pihak keluarga.


Dikonfirmasi terkait adanya insiden tersebut, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalsel, Dr Said Masdar SH MH pun membenarkannya.


"Iya benar, ada warga binaan yang diduga melakukan aksi bunuh diri di Lapas Kelas IIA Banjarmasin," katanya singkat. (red)