Berita

Breaking News

Presiden Tunisia Copot Menteri Agama usai Wafatnya 49 Jamaah Haji



Tunisia - Presiden Tunisia Kais Saied memecat Menteri Agama negara itu, Ibrahim Chaibi, dari jabatannya setelah sedikitnya 49 jama'ah haji Tunisia meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji tahun ini di Arab Saudi.


Seperti dilansir AFP, Sabtu (22/6/2024), pemecatan Menteri Agama itu diumumkan oleh kantor kepresidenan Tunisia dalam pernyataan pada Jumat (21/6) waktu setempat, setelah pengumuman Kementerian Luar Negeri menyebut puluhan jama'ah haji Tunisia meninggal di Saudi,


"Presiden memutuskan untuk mengakhiri masa tugas Ibrahim Chaibi sebagai Menteri Urusan Agama," demikian pernyataan kantor kepresidenan Tunisia via akun Facebook resminya, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.


Kepresidenan tidak memberikan alasan jelas mengapa Ibrahim Chaibi dipecat dari jabatannya. Namun, sejumlah media asing seperti AFP, Reuters, Anadolu Agency, hingga Al Arabiya News berspekulasi hal ini ada kaitannya dengan laporan 49 jama'ah haji Tunisia yang wafat di Tanah Suci.


Kementerian Luar Negeri Tunisia sempat melaporkan jumlah kematian jama'ahnya pada hari Selasa (18/6/2024). Kementerian melaporkan 35 jama'ah haji Tunisia wafat tetapi media Tunisia melapor jumlahnya meningkat menjadi 49 orang.


Kementerian tidak merinci apakah kematian itu terkait dengan suhu tinggi atau bukan. Yang jelas, jama'ah haji yang wafat sebagian besar melakukan perjalanan ke Arab Saudi dengan visa turis yang bukan termasuk program ziarah resmi pemerintah Saudi.


Ibrahim Chaibi juga sempat melaporkan soal kematian jama'ah haji Tunisia sebelum pemecatannya, sebagaimana dalam laporan Anadolu.


Sama seperti pernyataan kementerian, Chaibi mengatakan sebagian besar jama'ahnya yang wafat adalah jama'ah yang melakukan perjalanan ibadah menggunakan visa turis, bukan program haji resmi.


Setelahnya, Chaibi dikecam oleh aktivis media sosial Tunisia. Pasalnya, di tengah laporan kematian jemaah haji, ia dianggap berani mengunggah foto dirinya saat berhaji di media sosial.


Per Jumat (21/6/2024), AFP mencatat setidaknya jama'ah wafat di Tanah Suci sudah mencapai 1.126 orang. Sebagian besar atau lebih dari setengah dari total tersebut merupakan jama'ah haji asal Mesir. ***

© Copyright 2022 - Kalsel Today