Kalseltoday.com, Banjarmasin - Perayaan HUT ke-45 SMA 5 (Smali) Banjarmasin yang dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) berlangsung dengan meriah. Kehadiran Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau lebih akrab di sapa Paman Birin, menambah semarak acara tersebut, acara di gelar di halaman SMA 5 Banjarmasin, Jalan Sultan Adam, Surgi Mufti Banjarmasin, Rabu  (17/01/2023).


Acara perayaan tersebut tentunya menjadi momen penting bagi SMA 5 Banjarmasin untuk merayakan sejarah, pencapaian, dan kontribusi yang telah dilakukan oleh sekolah dalam mendidik generasi masa depan.


Dalam kegiatan HUT Smali ke-45 turut hadir, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel Muhammadun dan juga dihadiri oleh para kepala sekolah SMA Banjarmasin dan para alumnus SMA Negeri 5 Banjarmasin, serta juga dihadiri oleh para pensiunan guru dan tenaga administrasi SMA Negeri 5 serta siswa-siswi.


Gubernur Kalsel, Paman Birin dalam sambutannya mengatakan bahwa di usia yang ke 45 tahun ini SMA 5 Banjarmasin sudah menginjak usia yang hampir setengah abad dan juga usia yang cukup panjang dalam perjalanannya," ujar Gubernur 2 Periode ini.


Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor 

"SMA 5 Banjarmasin adalah lembaga pendidikan yang turut berperan dalam membentuk generasi muda yang berkualitas," tambahnya.


"Perayaan ulang tahun sekolah merupakan waktu untuk merayakan prestasi akademis dan non-akademis para siswa, gur dan staf sekolah."


Sahbirin Noor, merupakan alumni SMA 5 Banjarmasin Angkatan 88.


Ia,menyampaikan dimana Kalimantan akan menjadi Ibukota di IKN yang ada di Kaltim tentunya akan banyak persaingan dan tantangan dalam segala bidang, juga dibidang pendidikan.


"Kita harus menyiapkan SDM dari sumber pendidikan, Khususnya di SMAN 5 ini, kita harus bisa bersaing dengan sekolah sederajat seperti di pulau jawa, menguatkan kualitas generasi muda kita agar mereka sukses dalam hidupnya," tambahnya.


Dengan perayaan ulang tahun yang dihadiri oleh Gubernur Kalsel, diharapkan sekolah ini semakin termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi para siswa.


Kepala Sekolah SMAN 5 Banjarmasin, Drs H Mukhlis Takwin SH,.MH,

Sementara itu di lain kesempatan, Kepala Sekolah SMAN 5 Banjarmasin, Drs H Mukhlis Takwin SH,.MH,  sangat setuju dengan arahan dari  Gubernur Kalsel.


"Terkait peningkatan kualitas SDM siswa di sekolahnya, SMAN 5 Banjarmasin sudah sangat diperhitungkan di kalimantan Selatan,” terangnya.


"Di tahun 2023 kita pernah menjadi sasaran study banding dari 32 SMA se-Kalsel, dan ini mebuktikan bahwa gerak langkah kami lebih maju dari sekolah - sekolah lain," bangganya.


"Juga kami mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah Kalsel melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah banyak men-support sarana dan prasarana demi kemajuan sekolah SMA 5 Banjarmasin," terangnya.

HUT ke-45 SMAN 5 menjadi momentum untuk memperkuat komitmen bersama dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang memadai dan berkualitas bagi generasi masa depan.


Kehadiran gubernur Kalsel yang merupakan lulusan SMAN 5 Banjarmasin memberikan inspirasi dan semangat baru bagi siswa-siswi SMAN 5 Banjarmasin untuk terus berprestasi dan berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Kalsel. (@DW)