Berita

Breaking News

Peletakan Batu Pertama Patung Jokowi di Karo, Perkiraan telan Biaya 2,5 Milyar



Kalseltoday.com, Sumatera - Masyarakat Karo akan membangun Patung Presiden Jokowi di kawasan ladang jeruk di Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumut. pada Sabtu kemarin (4/11/23) adalah momen peletakan batu pertamanya.


Patung ini disebut merupakan bentuk apresiasi warga atas keseriusan Presiden Jokowi dalam menangani kerusakan jalan di kawasan ini. Ide pembangunan patung ini juga berasal dari sisa dana dimiliki warga saat melakukan kunjungan ke Istana Kepresidenan pada 2021 lalu. Saat itu, mereka mengadu ke Jokowi.


“Sisa dari dana yang terkumpul mengantarkan oleh-oleh kepada Pak Jokowi ada sisa Rp 50 juta, itu yang akan kami timpa (tambah),” kata Ketua Panitia Pembangunan Patung Jokowi, Adil Sebayang.


Uang Rp 50 juta tersebut akan ditambahkan dengan uang iuran warga dari 6 desa dan 3 dusun yang terdapat di LMD. Dana terkumpul nantinya ditaksir mencapai Rp 400 juta.


Adil mengatakan, pembangunan patung ini diperkirakan akan mengeluarkan biaya Rp 2,5 miliar. “Kata Pak Boy Brahmana (arsitektur) hitungan biayanya Rp 2,5 miliar,” jelasnya.


Sehingga dia meminta bantuan dari Bobby dan Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang yang berhadir di acara itu.


Walaupun merasa berat, Bobby mengaku pihaknya bersama relawan sudah menyiapkan sumbangan untuk membangun patung itu.


“Kami (dari relawan) Medan, Kabupaten Tanah Karo, bukan saya sendiri, kalau sendiri koyak banyak (habis banyak uang), kumpul-kumpul, pulang dari sini nitip oleh Rp 500 juta,” sambungnya.


Dalam momen peletakan baru pertama ini, Jokowi menyapa hangat warga melalui video call. Sementara, warga yang menyaksikan Jokowi dari layar menyambut dengan riuh. Berdasarkan patung replika ini, patung Jokowi tersebut akan dibangun di Monumen Juma Jokowi dengan tinggi sekitar 6 meter dan pondasi 1,5 meter. (Red)
© Copyright 2022 - Kalsel Today