Berita

Breaking News

Polresta Banjarmasin Kawal Aksi Unjuk Rasa Warga Kintap di DPRD Provinsi Kalsel 


Kalsetoday.com, Banjarmasin - Ratusan petugas kepolisian dari Polresta Banjarmasin dan Polsek Banjarmasin Tengah, dengan dukungan Satbrimob Polda Kalsel, telah melaksanakan tugas pengamanan dengan sukses pada aksi unjuk rasa yang digelar di depan Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Jalan Lambung Mangkurat, kelurahan Kertak Baru Ulu, kecamatan Banjarmasin Tengah, kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (08/09/2023).


Aksi massa ini berkaitan dengan tuntutan yang disampaikan oleh ratusan warga Kintap, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, terhadap Perusahaan Perkebunan PT Kintap Jaya Wattindo ( KJW) sebuah perusahaan sawit. Saat penyampaian aksi damai berlangsung, terjadi ketegangan karena massa tidak ingin perwakilan dari PT KJW berada di lokasi demo. Massa merasa kehadiran mereka tidak akan membantu menemukan solusi atau membuat keputusan.


Beruntung, tindakan cepat ratusan petugas kepolisian dalam menjaga situasi mampu mengantisipasi keributan tersebut.


Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol. Sabana A Martosumito S.I.K, memberikan pernyataan penting selama aksi berlangsung. Beliau mengingatkan bahwa kegiatan aksi atau penyampaian pendapat di muka umum dilindungi oleh undang-undang. Selama menjalankan tugas pengamanan, petugas kepolisian tetap menunjukkan sikap humanis terhadap peserta aksi yang menyampaikan pendapat mereka di depan publik.


“Hari ini, masyarakat Kintap menggunakan haknya untuk menyampaikan pendapat (unjuk rasa) mengenai masalah Kelapa Sawit dengan PT. KJW sesuai dengan undang-undang,” ujar Kapolresta Banjarmasin.


Kapolres juga menyebut bahwa massa telah bertemu dengan anggota DPRD Provinsi Kalsel, H. Karli Hanafi, serta beberapa dinas terkait lainnya. Dia menyarankan agar dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan anggota Komisi IV (Pertanian, Lingkungan Hidup, Kehutanan, dan Kelautan) yang bertanggung jawab atas masalah ini. RDP ini diharapkan dapat mengarahkan penyelesaian masalah ini dengan baik.


Dalam menjaga keamanan, Kapolres menjelaskan bahwa Polresta Banjarmasin bekerja sama dengan Brimob Polda Kalsel, dengan melibatkan sekitar satu kompi atau sekitar 100 personel.


“Prinsipnya adalah kita harus tetap menjaga sikap humanis. Mereka adalah saudara-saudara kita yang sedang berjuang untuk hak-hak mereka, mari kita semua hormati,” tandasnya. (Lenka)

© Copyright 2022 - Kalsel Today